Forum Kebersamaan Image MDC Bintaro

Tuesday, August 15, 2006

Saatnya Anda Jadi Boss!

Menjadi bos, memang menjadi impian setiap pegawai. Namun, terkadang tanpa kita sadari ada juga “ketakutan” alias nggak “pede” ketika kita tiba-tiba “harus” jadi bos. Memang tidak semua orang berhasil menjadi bos, karena prestasi, ada juga yang “tidak sengaja” tiba-tiba menjadi pimpinan, karena menggantikan seseorang yang pergi dari perusahaan. Namun, bukan itu. Satu hal yang harus kita perhatikan yakni langkah-langkah yang harus dilakukan saat kita menduduki jabatan dan “layak” disebut bos tersebut.

Nah, inilah langkah-langkah penting yang harus anda lakukan saat “menjadi” bos tersebut;

· Buatlah sebuah kenangan terindah di posisi anda terdahulu. Di sini, maksudnya anda anda akan membangun kerja lebih baik, serta meninggalkan posisi lama dengan bersih, sehingga kesempatan anda untuk lebih sukses juga sangat terbuka.
· Bangunlan hubungan kerja yang baik di saat-saat awal.Buatlah rencana kerja dengan tujuan pasti. Mulai mengenalkan diri, dan bekerjasama dengan kolega baru anda. Mulailah dengan mepelajarari apa yang mereka inginkan dan butuhkan.
· Bicaralah dengan menggunakan bahasa “kita”. Gaya bicara yang anda gunakan, akan sangat mempengaruhi rencana kerja. Makanya, penggunaan kata-kata “saya” atau “aku” dalam keperluan yang sangat mendesak saja. Lebih baik gunakan kata ganti “kita” atau “kami”, karena lebih memberikan tekanan akan kerjasama dalam sebuah tim.
· Tunjukkan kepercayaan kepada staf. Berikan keleluasaan kepada staf anda untuk menunjukkan kebanggaan, serta apresiasi kerja yang mereka lakukan.
· Tampilkan kelebihan yang dimiliki bawahan anda.Cobalah untuk membandingkan pengalaman serta pengetahaun staf yang usianya lebih tua dari anda. Juga temukan motivasi yang dimiliki staf dengan usia lebih muda dari anda. Setelah itu tentukan tujuan yang akan anda berikan.
· Pimpinlah mereka dengan contoh, sehingga merekan akan mengikuti. Kita memang harus konsisten dengan peraturan yang kita buat sendiri. Jadi, berikan contoh terbaik kepada setiap staf sehingga seluruh kebijakan anda bisa berjalan baik.
· Berikan penjelasan lebih detail sampai bawah. Sekarang, anda harus menjelaskan proyek lebih detail dari orang lain. Makanya, jangan sampai seluruh ide-ide anda itu tidak sampai ke bawah.
· Cepat tanggap dengan kultur perusahaan. Memahami kultur perusahaan memang sesuatu yang sangat penting agar setiap rencana kerja kita bisa berjalan. Dengan tahu persis kultur kerja yang ada, maka setiap rencana anda kemungkinan sukses juga sangat besar.
· Kembangkan gaya manajemen yang fair dan konsisten.. Fair play, memang sangat didambakan di setiap kegiatan. Dan, kerja yang anda lakukan juga harus berpedoman pada hukum ini. Jadi ingatlah untuk selalu konsisten dengan aturan serta fair kesetiap rekan kerja anda.
· Carilah kolega serta mentor profesional. Ibarat akan melakukan pertandingan, sparring partner memang sangat penting. Jadi, carilah manager tangguh untuk memberika saran, masukan, bahkan situasi politik dalam menunjang kerja.
· Aturlah kerja serta waktu libur anda. Dengan kesibukan baru anda tersebut, mungkin anda merasa kurang waktu dengan keluarga atau hobi anda. Nah, adalah sangat penting bila anda bisa mengatur waktu kerja dengan waktu libur tersebut. Dengan pembagian waktu yang tepat, kerja serta santai anda bisa lebih fokus lagi.
Nah, sekarang tergantung anda apakah sudah siap dengan tantangan yang ada.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home