Forum Kebersamaan Image MDC Bintaro

Tuesday, August 15, 2006

Strategi Sukses di Tahun Baru

Tahun baru hampir pasti, anda berharap bisa meningkatkan dan mencapai karir lebih baik dari tahun sebelumnya. Tapi, untuk ini diperlukan kesiapan lebih tinggi dalam mencapainya. Karena globalisasi yang kian cepat menuntut anda bergerak lebih cepat dalam mencapai kemajuan. Sekali saja anda lengah, anda akan tertinggal jauh di belakang rekan-rekan anda.

Memang untuk bergerak maju di tengah persaingan yang semakin ketat dan sengit ini bukan perkara mudah. Diperlukan motivasi, agresifitas, dan strategi yang tinggi. Berikut ini adalah strategi yang dilakukan oleh profesional-profesional yang sukses di Amerika dan di dunia.

Ketahuilah perusahaan luar dalam
Makin banyak yang anda ketahui tentang perusahaan, semakin besar kans anda untuk memenangkan persaingan. Ketahuilah tentang siapa yang tengah mendapat promosi, siapa yang membuat keputusan promosi, dan apa yang membuat seseorang dipromosikan. Hal-hal seperti ini dapat anda jadikan cara untuk memahami aspek perusahaan di tempat anda bekerja. Cara terbaik lain untuk belajar lebih banyak tentang perusahaan sekaligus meningkatkan visibilitas anda adalah dengan cara membantu orang lain. Dengan membantu orang lain, anda akan mendapatkan lebih banyak visibilitas karena dengan cara demikian anda telah belajar banyak tentang kelompok-kelompok lain dan perusahaan.

Mintalah umpan balik
Meskipun saat ini prestasi anda sedang dinilai, jangan hanya menunggu penilaian. Mintalah umpan balik setelah penyelesaian setiap proyek. Tanyakan apa kekurangan dan kelebihan anda, bukan menurut pandangan anda tetapi menurut atasan atau bos anda dan rekan-rekan anda. Ketahui juga apa harapan bos terhadap anda dan bagaimana anda dapat memenuhi harapan bos tersebut.

Bantulah bos untuk mencapai tujuan
Cari tau apa tujuan bos dan temukan cara-cara untuk membantu atau mencapai tujuannya. Kalau perlu tawarkan diri anda untuk melakukan tugas tambahan dalam rangka membantu bos mencapai tujuannya. Percayalah cara ini tidak akan menyebabkan anda dituduh ‘cari muka’ atau ‘menjilat’ bos. Tapi memang cara inilah yang terbaik untuk ‘menaikkan’ posisi anda. Dan biarkan orang lain tahu bahwa anda bertanggung jawab terhadap cara-cara dan pekerjaan anda.

Kembangkan hubungan baik dengan lingkungan anda
Binalah hubungan kerja yang positif dengan rekan-rekan, bawahan, dan atasan anda. Umumnya mereka yang sukses dalam karir memang memiliki memiliki kemampuan ‘membina hubungan’ yang hebat. Dan mereka yang terhambat karirnya, rata-rata adalah orang-orang yang tidak mempedulikan hasil kerja orang lain dan lingkungannya.

Lakukan tugas penting
Melakukan pekerjaan ‘menonjol’ yang tidak dilakukan oleh orang lain merupakan nilai plus bagi anda. Lakukan tugas ini dengan kesediaan dan tanggung jawab penuh. Dengan demikian anda bukan hanya mencapai sasaran tetapi bahkan telah melebihinya.

Wujudkan citra profesional diri anda
Belakangan ini cara berbusana dan penampilan ke kantor tidak lagi diatur dalam tata cara yang kaku. Anda bebas mengekspresikan kepribadian lewat busana dan penampilan anda dalam batas-batas tertentu. Untuk itu carilah gaya yang terbaik bagi anda tetapi tetap menyiratkan substansi dan kepercayaan diri anda. Tetapi ingat, jadilah diri anda sendiri. Ini penting untuk mencerminkan kuatnya kepribadian anda. Karena kepribadian adalah salah satu ‘nilai jual’ anda yang terbesar.

Jangan cepat puas
Kebanyakan mereka yang sukses adalah mereka yang tidak pernah berhenti belajar. Jika anda ingin mencapai suatu tujuan, anda tidak bisa puas dengan apa yang telah anda capai sekarang. Kembangkan terus keahlian dan ketrampilan anda. Dan carilah peluang untuk terus tumbuh.

Jangan larut oleh kecewa
Jika anda menghadapi kondisi yang tidak sesuai harapan anda, misalnya anda dilewatkan dalam suatu promosi jabatan, jangan lantas kecewa dan meratap. Lakukan introspeksi dan ambil sisi positifnya. Mungkin anda harus bekerja lebih keras lagi dan harus lebih peka terhadap lingkungan. Jika memang masih ada kelemahan profesional pada diri anda, anda dapat segera mulai mengubah dan meningkatkan diri anda.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home