Forum Kebersamaan Image MDC Bintaro

Wednesday, August 16, 2006

Pentingnya Manajemen WaktuJustify Full

Bagi anda yang ingin sukses dalam hidup dan karir, manajemen waktu mutlak diperlukan. Konon, pribadi-pribadi yang sukses adalah mereka yang piawai menyiasati dan mengatur waktunya sedemikian rupa. Dan juga mereka tidak akan melewati waktunya tanpa hal yang berguna. Mau tau kiat manajemen waktu? Ikuti tips yang biasa dilakukan oleh mereka yang sukses.

Tetapkan tujuan dan cita-cita hidup anda.
Tanyakan pada diri anda sendiri, ‘Untuk apa saya hidup?’ ‘Apa yang saya inginkan?’,’Apa yang harus saya lakukan?’. Lalu tulis semua jawaban anda dalam sebuah buku. Ingat, tetapkan tujuan dan cita-cita yang realistis dan terukur dalam arti sesuai dengan kemampuan anda. Karena orang-orang yang sukses dan bahagia adalah orang-orang yang mengetahui tujuan hidup dan menyadari kemampuannya.

Lakukan perencanaan.
Luangkan waktu anda untuk membuat perencanaan hidup anda. Tetapkan rencana apa saja yang akan anda lakukan untuk mencapai tujuan dan cita-cita hidup anda. Buat rencana secara cermat. Misalnya rencana untuk menyusun proposal, mengadakan presentasi, menemui klien, memulai bisnis baru, dll.

Tetapkan skala prioritas.
Setelah membuat perencanaan, buatlah daftar hal-hal yang harus anda capai dalam waktu dekat. Seperti apa yang harus anda raih dalam minggu depan, bulan depan, tahun depan, dan seterusnya. Misalnya minggu depan anda harus sudah bisa ‘menggolkan’ tender, bulan depan anda sudah menjalankan proyek penting, tahun depan anda sudah bisa menikmati hasil kerja anda, dsb.

Batasi rencana anda.
Terlalu banyak rencana juga bukanlah hal yang baik jika anda sadar tidak mungkin mengerjakan semuanya. Rencana yang terlalu banyak hanya akan membuat anda stress. Bahkan jika anda gagal mencapainya anda bisa frustasi. Buatlah rencana yang anda yakin dapat menyelesaikannya.

Luangkan waktu.
Walau anda sudah memiliki sejumlah rencana yang akan segera anda kerjakan, jangan lupa luangkan waktu anda untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan bagi anda pribadi. Misalnya tidur/beristirahat, melakukan hobi, berkumpul dengan keluarga dan sahabat, berolahraga, belanja, dan bermain internet. Tetapi jangan sampai kesenangan itu menyita waktu anda sehingga mengesampingkan hal-hal yang lebih penting.

Dengan demikian waktu anda yang berharga akan lebih efektif bukan? Jika anda sudah mempraktekkan manajemen waktu ini dengan benar, semoga kesuksesan akan segera teraih. Selamat mencoba…!


Kerja Yang Bukan Sekedar “Kerja”

Apakah anda sudah puas dengan kerjaan sekarang? Bila tidak, mungkin anda merupakan salah satu dari orang yang selama ini merasakan kerja enak dengan segala fasilitas serta gaji (kalau bisa) besar, hanyalah sebuah impian yang sangat sulit untuk diwujudkan. Kalau memang benar seperti ini, apakah ini sudah menjadi jalan buntu bagi kita? Ternyata belum tentu.

Namun, bila anda menjalani kerja ini dengan “kenyamanan” dan merasa tidak berdaya untuk menghadapinya, apakah anda perlu menyerah begitu saja? Atau harus mencari pekerjaan lain? Banyak cara yang harus anda lakukan, namun tetap dengan pertimbangan paling realistis.

Keadaan “susah” tadi memang tidak menguntungkan, mungkin saat-saat kerja yang terjadi merupakan sesutau yang benar-benar merugikan, secara fisik dan psikis dari anda. Bahkan, ekitar 50 persen kerja yang telah anda lakukan, tidak terlalu menyenangkan. Dengan kerja 8 jam sehari, alias 40 jam seminggu namun dengan kondisi yang sekitar 50 persen tidak menyenangkan, akan merugikan.

Dngan keadaan seperti ini, akan banyak yang dirugikan. Anda mungkin akan merasa banyak kerugian, sementara perusahaan juga mengalami hal serupa. Lalu apa yang harus kita lakukan, meninggalkan pekerjaan dan menggaet yang baru, atau mungkin anda akan memperbaiki pekerjaan yang sudah ada saat ini.

Memikirkan kembali apa yang harus kita kerjakan memang perlu dilakukan. Soalnya, kerja bukanlah hanya sebuah rutinitas yang hanya mengerjakan sesuatu tanpa ada perasaan menyenangkan. Kondisi ini pasti akan berbeda ketika kita mengerjakan sesuatu dengan perasaan menyenangkan. Bahkan, saat berangkat ke tempat kerja sudah disertai dengan perasaan seperti itu, akan membuat hasil kerja kita sangat produktif.

Nah, untuk mengubah cara-cara ini memang bukan perkara gampang. Bahkan, banyak yang harus kita lakukan misalnya menganggang bahwa kerja, bukan cuma sekedar kerja, tetapi menempatkan aktifitas kita itu sebagai bagian dari kehidupan.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home